Senin, 18 Oktober 2010

the next generation energy is geothermal energy

Salam Geologi,
energi panas bumi telah digunakan selama ribuan tahun di beberapa negara untuk memasak dan pemanasan. Ini hanyalah kekuasaan berasal dari heat.This internal energi panas bumi yang terkandung dalam batuan dan cairan di bawah kerak bumi. Hal ini dapat ditemukan dari tanah dangkal sampai beberapa kilometer di bawah permukaan, dan bahkan jauh sampai ke magma batuan cair yang disebut sangat panas.


Reservoir bawah tanah ini uap dan air panas dapat disadap untuk menghasilkan listrik atau panas dan dingin bangunan langsung.
 


Sebuah sistem panas bumi pompa dapat mengambil keuntungan dari suhu konstan kaki sepuluh atas (tiga meter) dari permukaan bumi untuk memanaskan sebuah rumah di musim dingin, sementara mengekstrak panas dari gedung dan mentransfer kembali ke tanah relatif lebih dingin dalam musim panas.


air Panas Bumi dari lebih di Bumi dapat digunakan secara langsung untuk pemanasan rumah dan kantor, atau untuk tumbuh tanaman di rumah kaca. Beberapa kota di AS pipa air panas panas bumi di bawah jalan dan trotoar untuk mencairkan salju.


Untuk menghasilkan listrik panas bumi yang dihasilkan, sumur, kadang-kadang satu mil (1,6 kilometer) dalam atau lebih, yang dibor ke dalam reservoir bawah tanah untuk keran air yang sangat panas uap dan turbin drive yang terhubung ke generator listrik. Listrik geothermal yang dihasilkan pertama diproduksi di Larderello, Italia, pada tahun 1904.


Ada tiga jenis pembangkit listrik tenaga panas bumi: uap kering, flash, dan biner. uap kering, teknologi panas bumi tertua, mengeluarkan uap patah tulang pada tanah dan menggunakannya untuk langsung drive turbin. tanaman Flash menarik dalam, tinggi tekanan air panas ke dingin, tekanan air rendah. Uap yang dihasilkan dari proses ini digunakan untuk menggerakkan turbin. Pada tanaman biner, air panas dilewatkan oleh fluida sekunder dengan titik didih lebih rendah dari air. Hal ini menyebabkan cairan sekunder untuk berpaling uap, yang kemudian menggerakkan turbin. Sebagian besar pembangkit listrik panas bumi di masa mendatang akan tanaman biner.


energi panas bumi yang dihasilkan di lebih dari 20 negara. Amerika Serikat adalah produsen terbesar di dunia, dan pengembangan panas bumi terbesar di dunia adalah geyser utara San Francisco di California. Di Islandia, kolam renang banyak dari bangunan dan bahkan dipanaskan dengan air panas panas bumi. Islandia memiliki setidaknya 25 gunung berapi aktif dan banyak air panas dan geyser.


Ada banyak keuntungan dari energi panas bumi. Hal ini dapat diekstraksi tanpa pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, gas, atau minyak. bidang Panas Bumi memproduksi hanya sekitar seperenam dari karbon dioksida bahwa pembangkit listrik relatif bersih gas alam berbahan bakar menghasilkan. tanaman Biner rilis pada dasarnya tidak ada emisi. Tidak seperti energi surya dan angin, energi panas bumi selalu tersedia, 365 hari setahun. Ini juga relatif murah; penghematan dari pemanfaatan langsung bisa sebanyak 80 persen atas bahan bakar fosil.


Tetapi memiliki beberapa masalah lingkungan. Perhatian utama adalah pelepasan hidrogen sulfida, gas yang berbau seperti telur busuk pada konsentrasi rendah. kekhawatiran lain adalah pembuangan dari beberapa cairan panas bumi, yang mungkin mengandung kadar rendah bahan-bahan beracun. Meskipun situs panas bumi yang mampu menyediakan panas untuk beberapa dekade, akhirnya lokasi tertentu mungkin dingin.

Sangat menguntungkan sekali bagi Indonesia yang mempunyai banyak gunung api. Untuk itu sebagai bangsa indonesia harus bisa memanfaatkan geothermal energy ini dengan sebaik-baiknya karena semakin menipisnya cadangan fosils energy di tanah air ibu pertiwi kita ini.
 

2 komentar:

  1. Apakah geothermal energy yg ada di indonesia telah di manfaatkan secara maksimal ? anda kan anak T Geologi Unsoed yang lokasinya di Banyumas, apakah di daerah anda belajar ada potensi geothermal energy ? mengingat di daerah banyumas masih terdapat gunung berapi aktif yaitu Selamet.

    BalasHapus
  2. klu menurut saya,, geothermal energy yg ada di indonesia blum di manfaatkan semaksimal mgkin,, karena negara kita masih tergantung pada bahan bkar fosil,, uktk itu, mnjadi tnggung jwb qt smua, utk bisa mengeksplor SDA kita dgn sebijak2nya,,

    anda benar,, di skitar wilayah banyumas yaitu di dieng terdapat eksplorasi geothermal energy yg sekarng di pegang oleh geodipa energy,

    BalasHapus

Berikan Kritik dn Saran Anda yang bersifat membangun dengan memakai bahasa yang sopan karena kritik dan saran anda yang penulis butuhkan.