Selasa, 19 Oktober 2010

Periode karbon di bumi

Salam Geologi,
       Carboniferous Swamp (Periode Karbon di Sungai)

Karakteristik periode Carboniferous (dari sekitar 360.000.000-300.000.000 tahun lalu) adalah hutan lebat dan rawa, yang menimbulkan deposit besar gambut. Selama ribuan tahun gambut bertransformasi menjadi toko batubara kaya di Eropa Barat dan Amerika Utara. Nama "Carboniferous" mengacu pada batubara ini.
 
       Carboniferous Landscape
 
Periode Karbon melihat penampilan hutan ekstensif pertama di Bumi. Pertumbuhan hutan ini dihapus dalam jumlah besar karbon dioksida dari atmosfer, yang menyebabkan surplus oksigen. kadar oksigen atmosfer memuncak sekitar 35 persen, dibandingkan dengan 21 persen hari ini.  
 
          Bukti Periode Karbon Masa Kini (Gunung Rundle, Banff)
Photograph by George F. Mobley
 
Gunung Rundle di Banff, Alberta, Kanada, pada 9.838 kaki (2.999 meter) sebagian besar terdiri dari batu kapur dari Zaman Mississippian. Di Amerika Utara periode Karbon dibagi ke dalam Mississippian (Lower Karbon) dan Pennsylvania (Upper Karbon). Sistem ini diadopsi untuk membedakan lapisan batubara-dukung dari Pennsylvania dari Mississippian didominasi batu gamping.
 
           Karbon Pakis
Botani Robin C. Moran studi pakis Carboniferous di Missouri Botanical Garden di St Louis, Missouri. Pakis menghasilkan suatu komponen penting dari vegetasi terestrial selama periode Karbon. Fosilisasi dari pohon pakis raksasa merupakan salah satu sumber cadangan batubara yang besar yang terbentuk selama periode berjalan.
 
           Tip Reef Shark
Foto oleh Nick Caloyianis

Hewan-hewan sharklike tertua muncul selama periode Silur, tapi Karbon yang disebut "Golden Age of Sharks." Selama ini, ikan berkembang biak dan berevolusi lebih dekat dengan hiu modern hari ini, seperti hiu terumbu ujung, digambarkan di sini. Sumber www.nationalgeographic.com


 

2 komentar:

Berikan Kritik dn Saran Anda yang bersifat membangun dengan memakai bahasa yang sopan karena kritik dan saran anda yang penulis butuhkan.